Kamis, 10 Maret 2011

Kecocokan Elemen Sulappa' Appa'

Tiap elemen memiliki kecocokan dengan elemen lainnya, sehingga hal ini digunakan dalam pernikahan untuk mengetahui apakah kedua mempelai nantinya akan cocok atau tidak. Berikut daftarnya:

1. TANAH
Cocok: TANAH, AIR, dan API
Tidak Sesuai dengan ANGIN.
Elemen air adalah yang paling sesuai dengan elemen tanah ini, hal ini dikarenakan air adalah elemen yang mampu menyuburkan tanah sehingga keduanya saling menguntungkan.

2. AIR
Cocok: TANAH, AIR, ANGIN
Tidak sesuai dengan API.
Elemen air sangat sesuai dengan tanah (menyuburkan), sesama elemen air, dan angin. Jika bersama dengan elemen air, maka keduanya akan saling mengaliri dan searah. Jika bersama dengan elemen angin maka keduanya akan menghasilkan embun yang menyejukkan. Namun air ini tidak akan sesuai dengan api, karena air akan memadamkan api tersebut.

3. API
Cocok: TANAH, API, ANGIN
Tidak sesuai dengan AIR
Elemen api ini sangat sesuai dengan elemen angin. Hal ini dikarenakan elemen angin akan memberi kekuatan bagi api untuk tetap menyala. Namun sebuah catatan bahwa elemen api juga sesuai dengan sesama elemen api tapi sangat berisiko. Mengapa? Karena sesama api akan saling menguatkan, tapi merusak sekitarnya.

4. ANGIN
Cocok: AIR dan API
Tidak sesuai dengan TANAH, dan ANGIN
Catatan yang penting untuk elemen angin adalah jangan bersama elemen angin lainnya. Hal ini hanya akan menyebabkan elemen tersebut silariang atau berhembus tanpa arah sehingga mengakibatkan hubungan keduanya mudah terpisah







n.b.
Tulisan ini hanyalah dokumentasi khazanah budaya Indonesia, bukan hal yang wajib untuk dipercaya.
Semoga kita mampu mencerna informasi sebelum mengamalkannya.

1 komentar: